intellectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of images (with or without watermark) from this site without my permission.

Thursday, August 14, 2014

Update from workshop : wajah Poyeng saat ini


Untuk orang Jogja yang tahu Jolie aksesoris, pasti tahu betapa seringnya mereka merubah layout toko mereka. Tampaknya Poyeng juga ada sedikit kecenderungan seperti itu mesti tidak sampai membuat pelanggannya 'kesasar' di dalamnya sih..

Dan ini adalah wajah Poyeng workshop yang paling terakhir.


Meja dan kursi yang dulu selalu ada di salah satu sudut Poyeng sekarang sudah diungsikan semua sejak rating kepopulerannya menurun, berganti full ngesot. 'pintu' belakang yang kemarin-kemarin sempat geser ke kanan, sekarang kembali ke tengah. Dan tirai lama yang dulu sering diikat minggir karena menyangkut orang lewat (yang mana membuatnya jadi useless) disingkirkan dan diganti dengan tirai ala warung ramen yang tidak bakal digeser-geser karena tidak mengganggu orang lewat (atau mungkin karena kainnya berat juga)


Melihat kebutuhan tempat duduk untuk para pengantar, kursi tunggu sekarang ada baik di luar dan dalam ruangan. Dan rak benang tumbuh lagi 2 buah di depan dan belakang.

Poyeng sudah menerima bayar untuk Visa dan Mastercard!


Dan yang paling menyenangkan, wall sticker di pintu depan semuanya diganti baru! Semuanya hasil beli di Circus Giraffe (Girang banget pas nemu ada wall sticker bentuk kucing main benang rajut disana). Sticker 'welcome' sih pesan di cutting sticker lokal saja.


Tapi satu sudut yang ini memang tidak akan pernah berubah sih, secara sisi tembok Poyeng hanya sebelah ini saja.. (psst.. sekarang kipas anginnya sudah upgrade jadi air conditioner! Dijamin bakal awet pilek di dalam Poyeng.)


Bonus : foto dari cewek-cewek Poyeng. Ada sarjana lulusan sastra Arab, mahasiswi multilingual, cewek kuat jago kempo, dan dua cewek kakak beradik yang sama-sama masih kencan terbuka dengan skripsi, dan satunya lagi saya yang ikut-ikutan foto. :p

*selamat datang di Poyeng workshop!!



Salam rajut dari Poyeng! 

:D

Update Poyeng online : Aplikasi Android

Dulu awal ada tahun 2008, Poyeng online hanya beroperasi via email dengan ber'iklan' via blog dan kaskus.
Ketika Facebook meluncurkan Page, Poyeng pun akhirnya ikutan ngeksis di Page Facebook dengan masih menerima order via email dengan tata cara order yang untuk beberapa orang bikin pusing kepala karena agak panjang birokrasinya.

*tampilan blog dan page Poyeng tahun 2012

Tahun 2011, setelah admin website Poyeng udah ngga malas lagi belajar main kode, Poyeng upgrade cara pembelian menjadi full via shopping chart di poyenghobby.com, dan berhasil memangkas birokrasi menjadi secepat sekali duduk saja! (meski masih bikin pusing kepala sebagian orang yang belum terbiasa order dengan tanpa pakai ngobrol dan chatting dengan owner tokonya). Email dipakai Poyeng hanya untuk korespondensi saja dan bukan untuk jual beli.

*tampilan poyenghobby.com tahun 2012

Dan sekarang, tahun 2014, Poyeng online upgrade lagi dua kali dalam waktu yang cukup berdekatan : memiliki tampilan mobile dan memiliki format aplikasi android!

*mobile poyenghobby.com dari smartphone owner
(yg kebetulan font cellphonenya ala handwriting)

Tampilan mobile membuat kecepatan loading menjadi tidak seberat membuka tampilan desktop. Teman yang biasa akses Poyeng via Blackberry merasa gembira karena web browsernya tidak sering force closed lagi.
*search Poyeng di googleplay!

Dan aplikasi android Poyeng memudahkan pengunjung regular Poyeng yang biasa mengakses via smartphone android menjadi tidak perlu lagi membuka web browser dulu untuk mengakses Poyeng online.

Upgrade Poyeng yang lain adalah, sekarang tidak hanya poyenghobby.com tapi juga ada poyengstudio.com yang menampilkan ready stock rajutan tangan Poyeng untuk yang tidak punya waktu memesan rajutan dengan cara yang biasanya (lihat halaman ini untuk melihat update basic rules pemesanan rajutan tangan Poyeng). Dan media sosial Poyeng tidak hanya page dan blog ini saja, tapi juga ada twitter, pinterest, instagram, dan ravelry. (meskipun masi rada keteteran juga updatenya :p )

Mengajak pembeli online di Indonesia untuk terbiasa membeli via shopping chart memang sebuah pengabdian yang menjadi pekerjaan sehari-hari Poyeng yang masih dilakukan sampai saat ini, tapi kami harap pelayanan kami tidak mengecewakan. :)


Salam rajut dari Poyeng!

:D

Tuesday, May 20, 2014

Agenda : mini workshop at the Breakfast Club


Awal bulan, Mirla tiba-tiba towel aku nanyain apakah bisa isi mini workshop di The Breakfast Club, sebagai bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun Lir yang ketiga. Yang namanya buat teman, kalau bisa pasti dijawab bisa lah. Lagipula hitung-hitung juga sudah lama sekali ngga ke Lir. Tempat nongkrong dan ngemil yang sangat fotogenik dipakai untuk foto-foto. :p


Karena workshop ditujukan untuk yang benar-benar baru mengenal knitting, tentunya harus sebisa mungkin mudah, dan lebih bagus lagi kalau menjadi 'sesuatu' dalam 3 jam. Dan aku bersyukur sekali ketemu pola yang dishare oleh Georgie ini. Pola Georgie kuresize lagi hingga seukuran gantungan telepon genggam supaya bisa mungkin untuk diselesaikan oleh pemula dalam jarak beberapa jam.


Aku berani pake free pattern yang dishare knitter lain karena seperti umumnya mini workshop Poyeng di mini event teman, kita ga menarik biaya mengajar alias non profit. Kalaupun bayar, semuanya hanya untuk mengganti perlengkapan yang dipakai dan dibawa pulang oleh peserta.


Dan aku senang, karena ngga seperti biasanya.. 90% peserta kali ini menyelesaikan project knittingnya, dan ngga ada yang menyerah di tengah jalan! (10% terakhirpun sebenarnya cuma tinggal mata, tapi yang bersangkutan bolak-balik rehat karena mesti masak pesenan, dan yang satu lagi mesti pulang duluan.)


 Terimakasih sudah mengundang Poyeng buat ngisi workshop ya The Breakfast Club / Lir.. :)


Salam rajut dari Poyeng!


poyenghobby.blogspot.com

Friday, April 25, 2014

Sedikit Couture Knitting yang tiba-tiba mampir ke Poyeng (babak 2-tamat)


Melanjutkan cerita di babak 1, akhirnya tanggal 23 April berlalu, dan Poyeng benar-benar berhasil mendapatkan foto rajutan ini ketika sedang dipakai di catwalk!! (undercover sebagai fotografer media. :p)

Kebetulan hari itu, teman Poyeng yang juga anggota IC Jogja, mba Debora Ninik Swa, merupakan salah satu desainer anak yang mengisi Fashion Show baju anak yang merupakan pra-acara ini. Jadi Poyeng dan teman-teman dari IC Jogja semua bisa masuk dengan memakai undangan untuk melihat fashion show baju anak ini. (5 topi anak Poyeng juga dipinjam dipakai sebagai pelengkap untuk koleksi mba Debora)

*topi-topi Poyeng di fashion show anak karya Debora
Setelah acara selesai, Poyeng sengaja tidak pulang, dan aku sebagai pembawa kamera, sengaja ikut menyusup di wilayah para fotografer media yang mayoritas duduk di bagian ujung catwalk, dan selama acara inti berlangsung ikut memotret sepanjang acara. (itulah mengapa foto-foto ini bisa ada ^ ^)

Acara fashion show APPMI DIY bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY ini berjudul Fashion Tendandce 2015 Re+Habitat ini diisi oleh 20 desainer dengan mengangkat batik dari Kota Jogja, Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul. Acara malam ini diharapkan bisa menjadi salah satu inspirasi fashion tahun 2015.

Mia Ridwan adalah salah satu desainer APPMI DIY yang malam ini memakai batik Kulonprogo di dalam rancangannya. Dan 3 rajutan yang dibuat Poyeng untuk ibu Mia di fashion show ini, dua diantaranya dipakai sebagai bagian dari baju pembuka dan baju penutup koleksinya! \OoO/ *ngga nyangka..
(di dalam sebuah fashion show, model dengan rancangan yang dianggap desainer paling utama biasanya diletakkan di awal dan akhir koreografi)

*baju pembuka koleksi Mia Ridwan


*baju penutup koleksi Mia Ridwan





Salam rajut dari Poyeng!

@ajeng_poyeng
Related Posts with Thumbnails